Ukuran Lapangan Futsal Sesuai Aturan FIFA

Buat teman-teman yang ingin membuat lapangan futsal standar sesuai aturan FIFA (untuk bisnis, untuk pribadi ...wow, atau untuk sarana umum) disini saya buatkan postingannya. Sumber dari fifa.com. Pengennya sih bikin lapangan futsal buat usaha sekaligus menyalurkan hobby. Ya sambil bermimpi dan berusaha mewujudkannya, tidak salah mulai sekarang nyicil bikin sketsa dan ukurannya. Semoga bermanfaat.

1. Ilustrasi Lapangan

Sebenarnya FIFA sendiri tidak mematok ukuran lapangan futsal harus sekian dan lebar harus sekian. FIFA membagi ukuran lapangan futsal menjadi 2, yaitu ukuran untuk pertandingan internasional dan ukuran pertandingan non-internasional. 
Ukuran lapangan pertandingan Internasional:
Panjang Maksimal  42 m

Minimal 38 m
Lebar Maksimal 25 m

Minimal 20 m

Ukuran lapangan pertandingan non-internasional:
Panjang Maksimal    42 m

Minimal 25 m
Lebar Maksimal 25 m

Minimal 16 m

Berikut ilustrasi lapangan standar dengan panjang 40 m dan lebar 20 m.
Jari-jari lingkaran tengah adalah 3 m. Titik pinalti pertama  berjarak 6 m dari tengah gawang, sedangkan untuk titik pinalti kedua berjarak 10 m dari tengah gawang. Zona pergantian pemain antara kedua tim masing-masing 5 m dari garis tengah lapangan, dengan lebar 5 m. Untuk area corner kick, berbentuk seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm. Untuk detail per bagian lapangan bisa dilihat pada gambar dibawah.

2. Ilustrasi Lapangan Futsal.

3. Ilustrasi Area Pinalti
Untuk area pinalti dapat dilihat seperti gambar di atas. Dimana lebar gawang adalah 3 m, ditambah tebal tiang berdiri masing-masing 80 cm, sehingga total lebar gawang adalah 3,16 m. Untuk pembuatan area pinalti, buat seperempat lingkaran dengan radius 6 m dari masing-masing titik gawang paling luar. Kemudian sisa garis dipertemukan sehingga jarak garis pinalti di depan gawang adalah sama 6 m dari garis gawang (terserah bagaimana caranya sih, liat aja di ilustrasi nomor 3 di atas) . Untuk pembuatan titik pinalti kedua bisa menggunakan garis imajiner seperti gambar ilustrasi nomor 2.

4. Ilustrasi Ukuran Gawang

Tinggi gawang adalah 2 m dan lebar 3 m, tebal tiap tiang gawang adalah 80 cm. Sehingga total lebar gawang beserta tiang gawang adalah 3,16 m dan tinggi gawang termasuk tiang adalah 2,08 m.
 
5. Ilustrasi Zona Pergantian Pemain
Untuk pembuatan zona pergantian pemain, jarak bench dari garis tengah adalah 5 m, sementara lebar area pergantian pemain adalah 5 m. Zona pergantian pemain ini dibatasi garis bujur sepanjang 40 cm dengan tebal 8 cm. Untuk jarak area teknik dengan garis lapangan adalah 75 cm.  Aturan zona teknik tidak ada penjelasan detail, tetapi ilustrasi gambar dari FIFA seperti gambar nomor 5. ^^


Mungkin itu yang dapat saya share. Maaf kalau ada kekeliruan. Semoga bermanfaat.

Sumber: www.fifa.com

No comments:

Post a Comment