Wisata Gunung Dempo Pagar Alam

Panorama Gunung Dempo
 Kalau anda sedang berkunjung ke Sumatera Selatan atau tepatnya ke Kota Pagar Alam, tidak ada salahnya mampir ke  Gunung Dempo. Yup, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan, tingginya sekitar 3159 m dari permukaan laut. Suasana gunung hijau bertabur tanaman teh ini sangat cocok untuk memanjakan mata dan merilekskan pikiran. Udara dingin khas perkebunan teh selalu siap sedia untuk kita hirup. Akses untuk menuju gunung (tepatnya titik pendakian) ini sangat mudah dijangkau dari kota Pagar Alam, karena  telah dibangun sarana jalan yang memadai dan beraspal. Jadi untuk naik ke atas bisa ditempuh dengan mobil atau motor. Tapi ingat banyak kelokan tajam dan cura, so harus ekstra hati-hati.

Pabrik Teh
Pabrik Teh
Perkebunan teh tepat berada di kaki gunung dengan luas kurang lebih 4.000 hektar, seakan menyelimuti gunung Dempo. Perkebunan ini dibuka oleh penjajah Belanda tahun 1927 dan sekarang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII, Unit Usaha Gunung Dempo. Penduduk di sekitar gunung pun  mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani teh. Dan uniknya kebanyakan dari penduduk adalah keturunan Jawa. Konon ceritanya dulu saat jaman penjajahan banyak pekerja dari pulau Jawa yang dibawa Belanda untuk menanam dan  mengolah teh di sini.

Tugu Rimau
Rimau Jump


Titik Pendakian Awal Gunung Dempo

Hal lain yang menarik lainnya adalah di puncak Dempo terdapat sebuah kawah yang sangat menakjubkan, di mana air kawah tersebut dapat berubah-ubah, kadang berwarna putih, biru, abu-abu dan hijau. Untuk melakukan pendakian ke puncak gunung, anda tinggal menuju ke titik awal pendakian yang aksesnya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan. Di titik awal pendakian ini terdapat sebuah tugu yang disebut dengan tugu Rimau, sehingga warga sekitar juga sering menyebut titik awal pendakian itu dengan sebutan Puncak Rimau. Tugu berbentuk manusia harimau yang sedang membawa senapan ini dibangun pada saat Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional di tahun 2004 lalu. Dari tugu Rimau tersebut kita dapat melihat pemandangan Kota Pagar Alam dari ketinggian. Dan pasti pemandangan yang menakjubkan akan tersaji di hadapan kita untuk kita nikmati sepuasnya.

Kebon Teh Luasss
Di area perkebunan ini juga terdapat sarana olahraga para layang (tapi kini sudah mulai berkurang sih). Yang mana di bawah kaki gunung sudah tersedia tanah lapang tempat untuk pendaratan para layang. Di area pendaratan para layang tersebut terdapat juga area wisata yang biasa disebut Tangga Seribu. Entah kenapa warga sekitar tetap menyebut tempat itu Tangga Seribu, padahal di tempat tersebut jelas-jelas terdapat plang nama bertuliskan "Tangga 2001". ^^ Seperti namanya, obyek wisata ini berupa tangga yang berada di tengah kebun teh dengan background gunung Dempo. Sebenarnya tangga ini kalau dihitung mungkin tidak tepat 1000 atau malah 2001 (coba datang dan hitung sendiri, haha). Tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan atau warga sekitar, biasanya mereka mampir disini untuk sekedar mengabadikan pemandangan indah ini dengan berfoto sebelum melanjutkan wisata ke puncak Rimau atau mendaki puncak Dempo.

Tangga 2001
Para wisatawan juga tidak harus repot-repot berkemah apabila ingin sedikit lama lagi menikmati suasana pegunungan berselimut teh ini. Karena di sekitar perkebunan teh ini tersedia hotel/wisma/penginapan yang dapat disewa oleh para wisatawan. Tentunya dengan view yang sangat menarik untuk dinikmati. Hmm, jadi bagi kalian yang tertarik untuk merasakan suasana Gunung Dempo Pagar Alam, silahkan saja datang ke tempat ini. Ya memang jauh sih untuk menuju tempat ini, butuh waktu sekitar 8 jam dari Palembang menuju Pagar Alam (via Lahat), belum lagi jalan yang berkelok dan menanjaki tebing-tebing. Tapi setelah sampai di tempatnya, semua itu akan terbayar dengan suasana dan pemandangan yang menakjubkan.. (haha, lebay dikit lah).
Kelok Jalan

Sudem dulu ceritanya, capek juga nulisnya. Udah buruan kesana aja deh. Jelajahi Indonesia. I Love Indonesia.

1 comment: