Diklat Penggemblengan

Baru saja saya menyelesaikan Diklat Teknis Umum Orientasi Pegawai. Hari-hari yang menyenangkan sekaligus menyebalkan itu telah usai. Banyak pelajaran yang saya dapat dari mengikuti Diklat Orientasi Pegawai Baru itu. Mulai dari sekedar latihan fisik sampai dengan rasa kebersamaan, kerjasama, cara berpikir sebagai insan yang selalu berusaha menjadi lebih baik serta motivasi untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Sembilan hari yang serasa begitu lama, dengan penggemblengan fisik dan mental. Dari diklat inilah awal dimulainya kehidupan baru. Kehidupan sebagai abdi negara yang berintegritas dan amanah. Kegiatan ini diawali dengan acara outbond ke daerah Sukabumi. Acara ini bertujuan untuk membina kerjasama dalam kelompok. Setelah outbond, fisik kami digembleng. Memang terasa berat ketika harus bangun pagi buta kemudian melaksanakan latihan fisik, apalagi yang menjadi pelatih adalah seorang tentara. Tidak hanya di pagi hari, fisik kami juga “dipompa” di siang hari, sore dan malam. Kegiatan yang berkaitan dengan fisik antara lain senam pagi, lari, sit up, push up, baris-berbaris dan tata upacara.

Tapi semua itu tidak akan terasa berat jika kita menikmatinya dengan hati yang gembira. Sebenarnya hal tersebut memang tidak terlalu berat, apalagi ditunjang fasilitas lain yang tergolong “wah” untuk ukuran saya yang selama ini terbiasa dengan kehidupan anak kost. Fasilitas itu antara lain  makan 3 kali sehari plus snack, kamar ber-AC, tempat tidur empuk dan jasa laundry gratis. Kurang apa coba?
 
Tidak hanya kegiatan yang berhubungan dengan fisik saja yang diberikan. Pengetahuan tentang kepegawaian, nilai-nilai yang berkaitan dengan pekerjaan serta kode etik. Selain itu ada juga sesi  acara pemberian motivasi serta manajemen kalbu. Kedua acara itu membangkitkan pikiran dan perasaan saya yang seakan tertidur oleh buaian keegoisan diri. Sungguh hari-hari yang luar biasa telah saya jalani. Sekali lagi ini baru awal.

Semerah darah, sebening air mata
Itu semboyan kita
Maju ayolah maju, pantang menyerah
Sebelum kita menang...... (sebait kenangan lagu penyemangat)

No comments:

Post a Comment