Autosave (Save Otomatis) Ms. Office

Latar belakang saya share postingan ini adalah karena pengalaman waktu kerja di kantor yang bikin jengkel abis (bener-bener jengkel). Jadi ceritanya waktu saya lagi asyik-asyiknya ngerjain kerjaan kantor pake Ms. Word dan emang kerjaannya cukup penting. Tiba-tiba komputer yang saya pake mati (nah looo). Mana belum aku save tuh kerjaan. Sistem auto save-nya juga belum saya aktifkan. Ya dengan hati yang berkecamuk, jengkel, gundah-gulana (pokoknya gag enak bgt deh). Secara kerjaan yang udah dibuat dengan susah payah harus hilang tanpa bekas (hik..hikk). Ya mau gag mau harus ngerjain dari awal lagi, dan itu rasanya bener-bener gag enak banget.
Biar teman-teman gag mengalami hal yang sama seperti yang saya alami tadi. Atau sekedar buat berjaga-jaga kalau da sesuatu yang tidak kita inginkan, misalnya listrik mati tiba-tiba atau kita lupa menyimpan data, saya ada sedikit tips yang  sepele tapi mungkin dapat membantu sekali. Ternyata Ms. Office memiliki fitur auto save untuk melakukan penyimpanan data meskipun kita lupa menyimpan data tersebut. Kebetulan yang saya pake Ms. Office 2007, dan mungkin untuk office versi yang baru tidak jauh berbeda fiturnya. Tips mengaktifkan auto save
itu sebagai berikut:

  1. Sebelum kita memulai pekerjaan menggunakan Ms. Office (Ms. Word, Excel, Power Point atau yang lainnya). Ada baiknya kita sempatkan waktu sedikit untuk melakukan setting ini. Ya kadang kalo udah semangat ngerjain sesuatu kita keburu bernafsu menyelesaikannya, giliran data gag tersimpan jadi kacau pikiran.
  2. Oke langsung aja ke cara mengatur setting auto save, pertama buka Ms. Office yang akan digunakan untuk melakukan pekerjaan (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point atau yang lainnya). Klik icon Windows di pojok kiri atas, kalo gag tahu seperti ini gambarnya:
  3. Kemudian pilih Word Options yang letaknya paling bawah, seperti pada gambar di bawah: 
  4.  Kemudian akan muncul jendela Word Option, pilih Save dan kemudian atur settingan Save AutoRecover information, pengaturan ini bermaksud agar data yang kita kerjakan akan disimpan secara otomatis setiap jangka waktu yang kita tentukan (dalam menit).
  5. Terakhir klik Ok, dan silahkan memulai pekerjaan tanpa takut data tersebut hilang atau tidak tersimpan. Sebagai tips tambahan, sebaiknya sebelum mengerjakan kita simpan dahulu file tersebut (walaupun masih kosong) kemudian lakukan settingan seperti di atas. 

    Semoga dapat membantu. ^^

3 comments: