Air Terjun Temam Lubuklinggau

Niagara mini versi Indonesia, yup barangkali itu julukan yang pas untuk air terjun yang terletak di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan ini. Ya inilah air terjun yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya (tentang Air Terjun Bedegung). Baru kali ini sempet nulis postingan tentang air terjun Niagara Mini Lubuklinggau. 

Air Terjun Temam

Nama sebenarnya dari Air Terjun Niagara Mini ini sih Air Terjun Temam, obyek wisata ini tepatnya terletak di Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Jaraknya sekitar 11 km dari pusat kota Lubuklinggau. Jika anda ingin berkunjung ke air terjun ini, bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor. Akses jalan menuju obyek wisata Air Terjun Temam ini lumayan bagus dan sudah beraspal. Selain itu, anda pasti tidak akan bingung untuk menuju obyek wisata ini karena rambu petunjuk jalan akan memandu anda sampai ke Air Terjun Temam.

Tinggi Air Terjun Temam ini hanya sekitar 12 meter dengan lebar kurang lebih 25 meter. Dengan aliran air yang jernih dan suasana pepohonan yang masih rindang di sekitarnya, cocok sekali untuk sekedar menenangkan diri dan memanjakan mata dengan pemandangan yang asri. Air terjun ini alami, jadi bukan replika buatan manusia yang sengaja didesain mirip air terjun Niagara. Istilah air terjun "Niagara Lubuklinggau" itu hanya sebutan dari mulut ke mulut yang memang mirip dengan air terjun yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada namun dalam versi mini (pernah masuk ulasan di detik travel juga lho). 

Oh ya, di area air terjun itu juga ada jembatan gantung yang melintasi di atas sungai. Dari atas jembatan itu kita bisa melihat pemandangan air terjun. Tapi awas jembatan ini hanya bisa menopang maksimal 8 orang untuk sekali menyebrang.
Air Terjun dari Atas

Jembatan Gantung Air Terjun Temam


Jembatan Gantung Temam

Segerr

Tangga ke air terjun

Nampaknya pemerintah setempat sudah mulai memperhatikan potensi wisata ini. Hal ini terbukti saat saya berkunjung ke sana, fasilitas pendukung mulai dibangun mulai dari lahan parkir pengunjung, toilet, mushola, jalan setapak dan tangga terbuat dari beton. Semoga saja obyek wisata ini akan dikelola dan dipelihara dengan baik. So, kalo anda sedang ada di sekitaran Lubuklinggau saya rekomendasikan mampir sebentar ke Air Terjun Temam. Gak usah jauh-jauh ke Amerika Serikat atau Kanada, di Lubuklinggau ada versi mininya.

No comments:

Post a Comment