Magang #1

Tidak terasa juga setelah penantian panjang menunggu penempatan instansi (4 bulan lebih), akhirnya hari-hariku kini sudah diisi dengan rutinitas baru. Ya masuk kantor..! Setelah penempatan instansi keluar, sekitar pertengahan Februari (lupa tanggalnya) dan terhitung mulai tanggal 1 Maret 2012 saya sudah diinstruksikan untuk “kerja”. Kerja sebagai tenaga magang atau tenaga honorer atau tenaga harian atau entah apapun namanya. Yang penting dijalani dan dinikmati sajalah.

Saya ditempatkan di DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara), instansi pemerintah yang mengurus tentang kekayaan negara (>.<). Hari-hari pertama memang masih terasa canggung. Menghadapi lingkungan baru dan orang-orang baru bagi saya butuh adaptasi dulu. Tapi seiring waktu semua berjalan seperti biasa saja. Pihak kepegawaian membagi kami para magangers menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok akan di rolling setiap 3 bulan di berbagai direktorat yang sudah ditentukan. Kebetulan untuk 3 bulan pertama saya mendapat tempat di Sekretariat bagian perlengkapan. 

Ya namanya pegawai honorer, kerjaanya cuma bantu-bantu kerjaan yang ada saja. Kebetulan waktu saya masuk ke bagian perlengkapan ini ada 2 pegawai yang pindah. Jadi ada dua kursi yang kosong. Walaupun magang tapi sudah punya meja kerja sendiri plus komputer lagi. Keadaan seperti ini tidak didapat oleh teman magang lainnya. Bahkan ada yang tidak dapat meja kerja dan harus duduk di meja rapat. Bersyukur deh.  Oleh karena itu saya berusaha memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya. Paling tidak bekerja dengan kemampuan yang dimiliki serta memanfaatkan fasilitas yang ada dengan seoptimal mungkin. 

Namanya juga magang, kerja apa pun harus dilakukan dengan ikhlas. Mulai dari fotokopi, kirim faksimile, antar surat, angkat-angkat barang maupun input data. Nikmati saja lah sambil menunggu SK turun (kalo jadii, amiini), toh semua juga diawali dari melakukan hal-hal kecil dulu sebelum melakukan hal yang besar dan  tanggung jawab yang besar pula.  


No comments:

Post a Comment