Mahasiswa STAN Sabet Piala Menkeu

Untuk kesekian kalinya Mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menunjukkan tajinya di kejuaraan akademis. Kali ini, delegasi STAN merebut Juara I pada kompetisi akuntansi National Accounting Week (NAW) 2012 di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Kompetisi ini diselenggarakan pada 16-19 Februari 2012 di kampus Fakultas Ekonomi Unpad, Bandung. Peserta terdiri dari 30 tim dari 25 universitas di Indonesia. Juara II disabet oleh delegasi Universitas Airlangga. Sedangkan gelar Juara III rebut oleh tim tuan rumah, Unpad. Delegasi STAN pada kejuaraan ini adalah Budhi Setiya Yoga (tingkat 3  D-III Akuntansi), Andry Irwanto (tingkat 3 D-III Akuntansi), dan Yeni Farida (tingkat 2, D-III Akuntansi). NAW merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unpad (Himaku Unpad).

Materi yang diujikan pada NAW 2012 antara lain akuntansi sektor privat, akuntansi biaya, akuntansi sektor publik, sistem informasi akuntansi, dan auditing.  Kompetisi ini terdiri  dari dua tahap. Hari pertama yang juga merupakan tahap I terdiri dari lima sub tahap. Tahapan tersebut terdiri dari accounting quiz (tes tertulis),  Just in time competition (tes lisan), unqualified opinion (debat), dan full disclosure competition (presentasi), dan super smart (cerdas cermat). Hari kedua teridiri dari empat sub tahap antara lain. Single fighter (cerdas individu), cepat tepat (soal rebutan), trivia bertingkat (soal rebutan dengan nilai semakin meningkat setiap pertanyaannya), dan bid and win (pertaruhan nilai).

Selain kompetisi, NAW juga menyelenggarakan konferensi dengan tema “The Role of Accounting in Indonesian Banking in Global Crisis”. Sayangnya, delegasi STAN belum bisa mengirimkan delegasi karena sebagian mahasiswa khususnya D-IV dan D-III Khusus sedang menjalani Ujian Tengah Semester (UTS). Sedangkan beberapa tim di STAN Olimpic Team (SOT) dari D-III reguler sedang mempersiapkan untuk kompetisi akademik di tempat lain.  

Kejuaraan akademis ini memiliki gengsi tinggi. Pasalnya, juara I mendapatkan Piala Menteri Keuangan. Delegasi STAN di bawah bendera STAN Olimpic Team (SOT). SOT merupakan unit di bawah Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKAKP STAN). PKAKP STAN sebuah unit project di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa STAN yang kegiatannya mencakup riset dan kajian terkait akuntansi dan keuangan publik. SOT sengaja dibentuk untuk mempersiapkan ‘pasukan khusus’ dalam menghadapi kejuaraan akademis.  Selain Tim Akuntansi,  SOT terdiri dari beberapa tim yakni Tim Pajak dan Tim Anggaran.

Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa STAN memiliki potensi akademik yang luar biasa  dan mampu bersaing dalam kompetisi nasioal. Kemenangan ini  senantiasa memotivasi anggota delegasi untuk terus belajar dan berkarya demi STAN yang lebih baik. Tak hanya itu, semoga prestasi ini juga menjadi pemicu semangat semua mahasiswa STAN untuk berprestasi. STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki core business mencetak punggawa keuangan negara. Alumni STAN sudah tersebar luas di berbagai instansi baik di dalam negeri maupun di lembaga multilateral dan banyak diantaranya sudah menduduki jabatan strategis.

Sumber: http://www.bppk.depkeu.go.id/

No comments:

Post a Comment