Sejarah Piala FA

Tentunya bagi pencinta sepak bola apalagi yang sering mantengin sepak bola daratan Inggris pasti sudah kenal dengan kompetisi FA Cup atau Piala FA. Nama kompetisi ini diambil dari nama federasi sepak bola di Inggris yaitu Football Association (disingkat FA). Kompetisi ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1871. Pada awal digelar kompetisi ini hanya diikuti 17 klub. Dengan juara pertamanya adalah Wanderes, klub yang didirikan oleh orang-orang sekolah negeri dan diperkuat pemain dari universitas. Di Final mereka mengalahkan Kennington Oval dengan skor 1-0 (gol dicetak Morton Betts). Setelah 130 tahun lebih, piala FA diikuti lebih dari 600 klub, mulai dari klub Premier League sampai divisi amatir di Inggris.

Sistem kompetisi piala FA adalah sistem gugur. Namun jika terjadi hasil imbang, maka akan diadakan pertandingan kedua di tempat yang berbeda. Dalam pertandingan kedua harus sudah ditentukan pemengnya untuk melaju ke fase berikutnya (sekalipun dengan pinalti).

Ada beberapa hal-hal unik seputar kompetisi FA Cupa ini. Diantaranya adalah:
  1.  Kompetisi FA Cup ini diklaim sebagai kompetisi tertua di seluruh dunia.
  2.  Trofi  yang diperebutkan dalam kompetisi ini ternyata bukan merupakan piala aslinya. Piala tersebut hilang saat dipajang di sebuah tempat di Birmingham ketika Aston Villa menjadi juaranya. Dan hingga kini piala asli tersebut tidak pernah ditemukan kembali.
  3.  Sejak tahun 1923, final piala FA diadakan di Stadion Wembley yang merupakan simbol sepak bola Inggris. Namun pada tahun 2001-2006 final Piala FA dipindahkan ke Millenium Stadium, Cardiff karena Wembley sedang direnovasi.
  4.  Manchester United adalah klub yang memiliki gelar terbanyak saat ini dengan koleksi sebanyak 11 gelar. Daftar klub pemenang Piala FA dapat dilihat dibawah.
  5.  Sepanjang sejarahnya, rekor gol terbanyak yang dicetak dalam satu pertandingan masih dipegang oleh Nottingham Forest. Rekor ini dicatat Forest pada musim 1890-1981 saat mengalahkan Clapton, dengan skor 14-0.
  6.   Salah satu final yang menarik adalah 3 gol di masa injury time. Hal ini terjadi pada final tahun 1979 saat Arsenal mengalahkan Manchester United 3-2. Pada babak pertama Arsenal unggul 1-0, kemudian diperbesar menjadi 2-0 di pertengahan babak kedua. Namun dalam waktu 2 menit di penghujung babak kedua, Manchester United berhasil menyamai skor menjadi 2-2, sebelum gol dari Alan Sunderland semenit kemudian untuk membuat Arsenal menang.
  7.    Final tahun 2006, saat Liverpool menjungkalkan West Ham lewat adu penalti, dianggap sebagai salah satu final terbaik. Kala itu, Liverpool yang difavoritkan tertinggal lebih dulu sebelum pada masa injury time babak kedua Steven Gerrard menyamakan kedudukan. Namun "The Reds" kemudian bisa memaksakan skor imbang 3-3 dan akhirnya menang lewat adu penalti.
Daftar Pemenag Piala FA
  1. Manchester United, jumlah trofi 11;
  2. Arsenal, 10;
  3. Tottenham Hotspur, 8;
  4. Liverpool, Aston Villa, masing-masing 7 trofi;
  5. Chelsea, Newcastle United, Blacburn Rovers, masing-masing 6 trofi;
  6. Manchester City, Everton, West Bromwich Albion, Wanderes, masing-masing 5 trofi;
  7. Bolton Wanderes, Sheffield United, Wolverhampton Wanderes, masing-masing 4 trofi;
  8. Sheffield Wednesday, West Ham United, masing-masing 3 trofi;
  9. Bury, Nottingham Forrest, Old Etonians, Preston North End, Sunderland, Portsmouth, masing-masing 2 trofi;
  10. Barnsley, Blackburn Olympic, Blackpool, Bradford City, Burnley, Cardiff City, Charlton Athletic, Clapham Rovers, Coventry City, Derby County, Huddersfield Town, Ipswich Town, Leeds United, Notts County, Old Carthusians, Oxford University, Royal Engineers, Southampton, Wimbledon, masing-masing 1 trofi
Sumber: Wikipedia, Google.

No comments:

Post a Comment